Senin, 02 April 2012

TIK

MATERI TIK KELAS X

A. Mengaktifkan dan Mematikan Komputer Dengan Prosedur Yang Benar

1. Prosedur Mengaktifkan Komputer

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengaktifkan komputer apabila menggunakan sistem operasi Microsoft Windows adalah sebagai berikut :

a. Pastikan semua kabel power di komputer sudah terhubung dengan jaringan listrik.
b. Hidupkan CPU dengan menekan tombol on di casing.
c. Hidupkan monitor dengan menekan tombol on di monitor.
d. Tunggu sampai prosedur booting selesai yang ditandai dengan tampilnya gambar desktop di layar monitor.

2. Prosedur Mematikan Komputer
Cara mematikan komputer apabila menggunakan sistem operasi Microsoft adalah menggunakan prosedur shut down. Prosedur shut down merupakan prosedur untuk memutuskan segala perangkat keras yang sedang aktif di CPU yang dikoordinasikan oleh sistem opersasi (Microsoft Windows). Berikut ini adalah prosedur shut down pada Microsoft Windows XP:
a. Tutup semua program aplikasi yang masih aktif.
b. Klik tombol Start dengan mouse di destop menu.
c. Klik tombol Turn Off Computer
d. Klik Turn Off di kotak dialog Turn Off Computer.
e. Tunggulah beberapa saat sampai komputer mati sendiri.


B. Menggunakan Perangkat Lunak Program Aplikasi

Komputer tidak hanya memerlukan perangkat lunak sistem operasi seperti Windows 98SE, Windows 2000, Windows XP atau Linux saja, tetapi juga perangkat lunak sistem aplikasi komputer. Secara garis besar, program aplikasi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut:

1. Program pengolah kata (Word Processor). Contohnya Notepad, WordPad, Microsoft Word, Word Perfect, dan Star Office. Program ini digunakan untuk membuat dokumen berupa tulisan, surat, brosur atau dokumen lainnya.
2. Program pengolah angka. Contohnya Lotus 123, Microsoft Excel. Program ini sangat berguna untuk melakukan perhitungan seperti pembukuan di kantor.
3. Program pengolah grafis, digunakan untuk mengolah grafis, membuat rancangan grafis, mengolah/pengeditan photo dan lain-lain. Program ini Contohnya Adobe Photoshop, Corel Draw, Microsoft Paint, dan lain-lain.
4. Program pengolah database, digunakan untuk merancang database. Contohnya Microsoft Access atau Foxbase,MySQI, dan SQIServer.
5. Program Presentasi. Program ini digunakan untuk membuat presentasi. Contohnya Microsoft PowerPoint.


C. Ketentuan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

1. Menerapkan Aturan Etika dan Moral dalam Menggunakan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak TIK

Seseorang atau perusahaan yang membuat produk baru dapat mendaftarkan hasil ciptaan produknya ke instansi pemerintah yang berwenang atau badan hak paten dunia. Hal tersebut dilakukan agar produk barunya tidak bias ditiru, dipalsukan, ataupun digandakan oleh seorang ataupun perusahaan lain.
Dalam dunia teknologi dan informasi khususnya computer, hak paen terhadap merek dagang jga diberlakukan. Merek-merek dagang yang telah mendapat hak paten akan mendapatkan kekuatan hukum, sehingga produk ciptannya tidak bisa dipakai orang atau perusahaan lain tanpa seijin pemilik hak cipta/paten. Apabila seseorang atau peusahaan ingin memakai produk tersebut, maka harus membeli ke pemilik hak paten.
Beberapa contoh hak cipta perangkat lunak yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan besar pembuat perangkat lunak antara lain sebagai berikut.
• Microsoft Corp. Mengeluarkan produk software system operasi Microsoft Windows, MS DOS, software aplikasi Microsoft Office, dan lain-lain.
• Adobe Corp. Mengeluarkan software aplikasi Adobe Photoshop, Adobe PageMaker, Adobe ImageReady dan software utility Adobe Acrobat Reader, dan lain-lain.
• Corel Corp. Mengeluarkan software aplikasi CorelDraw, WordPerpect, dan lain-lain.
• Winzip Computing Corp. Mengeluarkan program utility Winzip, dan lain-lain.
• Xing Technolgy Corp. Mengeluarkan program multimedia XingMPEG Player, dan lain-lain.
• Norton Corp. Mengeluarkan produk antivirus Norton, dan lain-lain.
Usaha untuk menghasilkan ide atau gagasan hingga mewjudkannya menjadi suatu produk, tentulah tidak mudah. Perlu banak pengorbanan baik materi, wakt, pikiran, maupun tenaga. Oleh karena itu, merupakan kewajiban bagi kita bagi kita untuk menghargai hasil karya orang lain, khususnya perangka lunak komputer.
• Tidak membajak, menyalin atau menggandakan tanpa seijin pemilik hak paten.
• Tidak mengubah, mengurangi atau menambah hasil karya orang lain.
• Tidak menggunakan perangkat lunak untuk suatu kejahatan.
• Menggunakan perangkat lunak yang asli.

2. Menerapkan prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan kerja dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak TIK.

Semua pekerjaan baik di perusahaan, kantor, bengkel, mapun di luar ruangan seperi di jalan raya mengutamakan fakor kesehatan dan keselamatan kerja (K3), karena hal tersebut ikut menentukan sukses tidaknya suatu pekerjaan. Oleh karena itu, di setiap unit kerja biasanya terdapat departemen yang mengurusi kesehatan dan keselamatan kerja karyawannya.
Saat kita menggunakan komputer, apalagi bekerja memakai computer seharian penuh, tent sangat melelahkan. Meskipn hanya duduk dan mengoperasikan computer, namun pengetahuan tentang kesehatan dan keselamatan kerja jga diperlukan. Ketahanan seseorang di depan computer dipengaruhi oleh banyak hal, antara lain: Pengatuan posisi duduk yang benar, pengaturan cahaya, dan pengaturan jarak pandang antara pengguna dengan monitor.

3. Menghargai Haka Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Dalam TIK
Pemerintah Indonesia berupaya untuk melindungi hasil karya cipta seseorang atau perusahaan dari pemalsuan, penggandaan, menyiarkan, memamerkan, dan pengedarannya. Oleh karena itu, pemerintah Republik Indonesia telah membuat undang-undang perlondungan tentang Hak Cipta dan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), yaitu Undang-undang No. 19 tahun 2002 tentang pelindungan Hak Cipta dan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) yang memebrikan sanksi terhadap pelanggaran tersebut. Berikut ini adalh kutipan tentang ketentuan pidana dalam hal pelanggaran hak cipta yang diatur dan ditetapkan berdasarkan Undang-undang No. 19 yahun 2002 (pasal 72, Ayat: 1,2, dan 3).
1. Barang siapa dengan sengajadan tanpa hak melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam pasal ayat (1) atau pasal 49 ayat (1) dan ayat (2) dipidana denan penjara masing-masing sedikit 1 (satu) bulan dan/atau denda paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau dendan paling banyak Rp 5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).
2. Barang siapa dengan sengaja menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil pelanggaran hak cipta atau hak terkait sebagaimana di maksud pada ayat (1) dipidana dengan pidana paling lama 5 (lima) tahun dan/ atau denda paling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).
3. Barang siapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu program computer dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/ atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Dari hal tersebut diatas, jika mengutip atau mengopi hasil karya orang Lain maka diwajibkan untuk minta ijin kepada pemegang hak ciptanya. Adapun cara yang perlu dilakukan tentu tidak harus datang keperusahaan pembuat produk, namun cukup dengan membeli produk software asli yang sudah ada dipasaran. Hal tersebut dikarenakan izin atau lisensi dari perusahaan pembuat sudah terdapat di dalam produknya untuk digunakan secara bebas.

Sebetulnya untuk mengatasi masalah tersebut, kita bias mencari software yang freeware dab shareware artinya software tersebut dapat digunakan dan dikembangkan secara bebas tanpa harus minta ijin kepada pembuatnya. Di pasaran banyak terdapat software yang freeware, salah satunya program linux. Program linux sendiri terdiri dari beberapa macam system operasi seperti Redhat, Fodore Core, Mandrake, Suse, Knoppix, dan lain sebagainya.

Namun dalam kenyataannya, masyarakat sering mengabaikan hal tersebut. Kebanyakan masyarakat lebih sering menggunakan software tanpa ijin atau software bajakan. Maraknya pembajakan software oleh masyarakat disebabkan oleh faktor-faktor berikut.

1. Pendapatan masyarakat yang relatif kecil.
2. Tingkat pendidikan yang relatif masih rendah.
3. Harga ijin atau lisensi software yang relative mahal.
4. Control pemerintah yang tidak tegas.

Adanya undang-undang tersebut sebenarnya menunjukkan bahwa pemerintah menjamin dan melindungi setiap orang atau perusahaan untuk terus berkarya dengan tidak mengabaikan kepentingan masyarakat luas. Artinya, dalam undang-undang tersebut disebutkan bahwa pemegan hak cipta dapat memberikan ijin kepada pihak lain untuk memperbanyak ciptaannya guna kepentingan pendidikan, serta kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.
Komputer DNA Nyontek dari Makhluk Hidup.
Computer DNA berawal dari ide Leonard M. Adleman, seorang ilmuan computer yang bekerja di Univercity of Southern California. Computer dan DNA merupak dua istilah yang berbeda.


D. Melakukan Setting Periferal pada Sistem Operasi Komputer

1. Setting Monitor dalam Komputer

Menentukan konfigurasi monitor yang baik dan tepat akan membuat kinerja computer menjadi lebih optimal. Apabila tampilan monitor baik, hasil pekerjaan juga akan baik Terdapat beberapa macam konfigurasi yang dapat diatur, diantaranya adalah Themes, Desktop, Screen Saver, Appearance, dan setting. Untuk mengatur tampilan monitor, lakukan langkah-langkah berikut:
1. Klik Start
2. Klik Control Panel
3. Klik Display, kemudian tentukan menu tampilan yang akan diatur.
4. Aturlah tampilan monitor sesuai keperluan. Setelah selesai klik OK.

a. Setting untuk mengatur resolusi monitor serta kualitas warna.

Penyetingan monitor lainnya adalah pengaturan jumlah warna dan resolusi monitor sehingga tampilannya lebih baik. Jumlah warna merupakan banyaknya warna yang bisa ditampilkan monitor. Jumlah warna yang tersedia antar lain :
• 8 bit = 256 warna
• 16 bit { High color } = 65.536 warna
• 24 bit { True color } 16.777.236 warna
Sedangkan tampilan resolusi merupakan jumlah titik {pixel} yang ditembak elektron ke layar dalam bidang horizontal dan vertical. Semakin banyak titik yang terjadi layar berarti resolusi semakin tinggi sehingga tampilan yang dihasilkannya pun semakin tajam. Resolusi yang ada sekarang antar lain : 640 x 480 pixel, 600 x 800 pixel,dan 1280 x 1024 pixel.
Selain monitor juga da perangkat lain yang digunakn untuk menunjang kualitas gambar,yaitu
VGA card (kartu grafis). Dengan menggunakan VGA card yang bukan on board (ada di dalam motherboard), seperti berbasis AGP (Accelerated Graphics Port) atau PCI Express, resolusi yang dihasilkan menjadi lebih tinggi.


LATIHAN SOAL
A. Pilihlah jawaban yang paling benar di antara pilihan A,B,C,D atau E !

1. Istilah komputer diambil dari bahasa Latin yaitu computare, yang berarti ....
Menilai
menghitung
menganalisa
menjumlah
memproses

2 Sebagian orang menyebutkan bahwa komputer merupakan suatu alat untuk memanipulasi data yang berupa aktivitas-aktivitas sebagai berikut, kecuali ....
disimpan
diproses
dicetak
diproduksi
diinput

3. Setelah data yang diinput ke dalam komputer diproses, maka komputer akan menghasilkan....
cetakan
program
informasi
angka
hasil perhitungan

4. Untuk menghubungkan perangkat proses komputer dengan perangkat lainnya digu nakan penghubung yang dinamakan ....
kabel
port
tali
jack
simpul

5. Pada komputer terdapat dua buah port P/S2, untuk mouse dan keyboard. Untuk membedakan keduanya dilakukan dengan membedakan warnanya. Port untuk keyboard berwarna...
biru
ungu
hijau
merah
kuning

6. di bawah ini merupakan bagian komputer yang disebut ....
keyboard
mouse
CPU
power supply
printer

7. Gambar di bawah ini merupakan rang kaian port jenis ....
PS/ 2
USB
power supply
paralel
serial



Untuk menghubungkan monitor dengan CPU digunakan port....
VGA port
USB port
Paralel port
Serial port
Power port

Pada saat komputer mulai dihidupkan, maka kita menunggu terlebih dahulu untuk siap digunakan. Proses dari mulai dihidupkan sampai dengan siap digunakan tersebut disebut ....
booting
restart
input
output
on/off

Untuk keadaan darurat, proses booting dilakukan dengan menggunakan perintah ....
Alt + Ctrl + Shift
Alt +.Shift + Enter
Alt + Shift + Insert
Alt + Ctrl + Tab
Alt + Ctrl + Delete

Pada sistem komputer terdapat 3 sistem utama, yaitu....
Hardware, .Freeware, Software
Hardware, Software, Trialware
Hardware, Shareware, Brainware
Software, Brainware, Shareware
Hardware, Software, Brainware

Dalam sistem komputer, brainware disebut juga sebagai....
manusia yang mengoperasikannya
perangkat keras yang menyusun komputer
program komputer
perangkat yang menghubungkan komputer
perangkat input komputer

Program yang digunakan untuk mengkon versikan arsitektur dan algoritma disebut sebagai....
sistem operasi
bahasa pemrograman
sistem aplikasi
hardware converter
switch converter

Contoh bahasa pemrograman yaitu ...
PowerPoint
MS word
Excel
Corel draw
BASIC




Fungsi dari program sistem operasi yaitu...
membuat perintah
mengkonversikan gambar ke teks
membuat program
mengintegrasikan perangkat yang ada di komputer
program untuk perawatan

Salah satu fasilitas yang dimiliki oleh sistem operasi Windows adalah untuk mengatur tanggal dan jam di sistem. Langkahnya yaitu...
Start  Setting  Date and time
Start  Setting  Control panel  Date and time
Start  Control panel  System  Date and time
Start  Control panel  Language
Start  Control panel  Date and time

Untuk menikmati hiburan, misalnya: nonton film, mendengarkan musik, menggunakan fasilitas dari Windows yang bernama ....
Winamp
Windows Accessories
Windows Media Player
Windows Browser
Windows Entertainment

Berikut merupakan salah satu program aplikasi untuk mengolah angka yaitu....
power point
MS word
Corel draw
Acces
Lotus 123

Salah satu program aplikasi yang digunakan untuk mengolah teks adalah sebagai berikut...
Excel
Open office.org. Writer
Lotus 123
PowerPoint
Quarto pro

Berikut ini adalah program aplikasi yang digunakan untuk keperluan akses internet, kecuali ....
Opera
Mozila Firefox
Internet Explorer
Windows Explorer
Netscape Navigator


Dalam pemberlakuan revisi UU Hak Cipta Nomor 19/2002 pemerintah memberi legitimasi tambahan bagi HAKI. Kepanjangan dari HAKI adalah …….
Hak Anak Keluarga Indonesia
Hak Azasi Keluarga Indonesia
Hak Azasi Kemerdekaan Indonesia
Hak Atas Kekayaan Intelektual
Hak Azasi Keluarga Intelektual

Istilah lain dari Software adalah ….
Perangkat lunak
Perangkat keras
Operating system
Sistem operasi
Perangkat operasional

Masukan atau data telah diolah menjadi bentuk atau sumber yang sangat berarti bagi semua orang disebut ….
proses
informasi
data
storing
sorting

CPU merupakan otak dari komputer. CPU adalah singkatan dari ….
Central Processing Unit
Central Program Unit
Control Program Unit
Control Processing Unit
Central Procedur Unit
Monitor termasuk salah satu alat … yang berguna untuk melihat hasil pekerjaan yang diketikkan melalui alat media keyboard.
Proses
Input
Output
Print out
Operator (User)
Keyboard tergolong salah satu alat … untuk berkomunikasi dengan sistem komputer yang digunakan oleh seorang operator.
Output
Print out
Proses
Input
Operator (User)

Bagian dari komponen sistem komputer yang tepat di bawah ini adalah ….
Input, Processing dan out put

Input, External Storage, CU, Output
Output, CPU, ALU, Input
Input, CPU, External Storage, Output.
Output, CU, ALU, Input.

Segala sesuatu yang berkaitan dengan proses, penggunaan alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi disebut :
teknologi
teknologi komunikasi
teknologi informasi
teknologi informasi dan komunikasi
teknologi internet
Untuk menjaga agar tegangan komputer stabil dan tidak naik turun bila ada gangguan listrik digunakan alat …
Stabilizer
Mouse
Stop kontak
Power supply
Modem

Bila Anda mengoperasikan komputer dengan program di hardisk maka anda harus mengakhiri proses melalui fasilitas ..
Shutdown / turn off
log off / log in
reset
dimatikan lewat power suplly
dimatikan lewat stabilizernya dulu

Di bawah ini merupakan alat yang digunakan untuk menampilkan laporan atau informasi hasil pengolahan dari input baik yang ditampilkan di layar monitor maupun media lain adalah …
input device
output device
RAM
hard disk
CD Rom

Radiasi monitor komputer dapat Anda cegah dengan cara menggunakan …
Screen filter
Cermin datar
Cermin cekung
Cermin cembung
Lensa

Diantara komponen komputer dibawah ini yang berfungsi sebagai penyimpanan data adalah…
a. Monitor
b. VCD
c. Processor
d. Printer
c. Harddisk

Salah satu perangkat komputer yang berfungsi untuk memasukkan data adalah ….
a. Kartu pengendali
b. Printer
c. Keyboard
d. Processor
c. Monitor

Perangkat lunak (Software) komputer adalah hasil karya yang memerlukan keahlian dan ketekunan. Hal yang tidak boleh dilakukan terhadap karya diatas adalah ….
a. Membeli lisensi kepada perusahaannya
b. Tidak menggunakan perangkat lunak untuk kejahatan
c. Menggunakan perangkat lunak (Software) asli
d. Menggunakan perangkat lunak (Software) untuk pembuatan program-program yang bermanfaat
e. Menggandakan perangkat lunak (software) tanpa seizin perusahaannya

Legitimasi tambahan bagi HAKI yang diberlakukan oleh revisi UU Hak Cipta Nomor 19/2002 tangal 27 Juli antara lain ….
Hak dagang, hak paten, hak merek
Hak jasa, hak dagang, hak paten
Hak cipta, hak kolektif, hak paten
Hak dagang, hak cipta, hak jasa
Hak cipta, hak paten, hak merek

Sesuai dengan lahirnya perkembangan teknologi dan komunikasi, lahirlah sebuah sistem pengolahan data menggunakan EDPS. EDPS adalah kepanjangan dari ….
Elektronik Data Processing System
Elektronik Data Program System
Elektronik Data Prosedur System
Elektronik Datum Prosedur System
Elektronik Datum Processing System

Teknik penggunaan mouse dengan cara menggeser sambil menekan tombol mouse sebelah kiri disebut ….
Click
Double click
Click Kanan
Drag
Click Kiri


Bagian yang bertugas untuk mengontrol dan mengkoordinir semua sistem komputer disebut ….
ALU
CU
Memory
VDU
CPU

Di bawah ini temasuk bahasa pemrograman, kecuali ….
Corel Draw
Basic
Pascal
Fortran
Delphi

Untuk melakukan atau mengatur ketajaman resolusi pada monitor, maka Anda harus mengubah perintah pada ….
a. Setting
b. Themes
c. Desktop
d. Appearance
c. Screen Saver

Alat yang digunakan untuk memindahkan gambar dari kertas ke dalam komputer dinamakan …
printer
light pen
scanner
mouse
keyboard


43. Karakter pada computer diwakili oleh kode yang tersusun dari bilangan binary (1 atau 0). Nama kode tersebut adalah …
a. ASC
b. ASCII
c. ASCL
e. ASII

44. Kepanjangan dari ROM adalah …
a. Random Observation Memory
b. Recalled Observation Memory
c. Raed-Only Occasional Memory
d. Random Only Memory
e. Read Only Memory

45. Kepanjangan dari RAM adalah …
a. Remaining Access Memory
b. Random Additional Memory
c. Random Access Memory
d. Remaining Area Memory
e. Ranah Access Memories

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates